Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Info Pendaftaran Online Santri Baru

Tata Cara dan Langkah Pendaftaran Online

KHR. Asnawi Kudus

KHR. Asnawi Muassis Madrasah Qudsiyyah dan Pendiri NU

Ngaji Online Ponpes Qudsiyyah Putri

Ngaji Online rutin setiap ba'dal maghrib selain malam jumu'ah streaming via fb dan YT Qudsiyyah Putri

Profil Ponpes Qudsiyyah Putri

Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum Ponpes

Profil MTs Qudsiyyah Putri

Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum MTs Qudsiyyah Putri

Sabtu, 24 Agustus 2024

ISQi Gelar Orientasi dan Rapat Kerja

 

            

      Rabu - Jumu'ah, 21 - 23 Agustus 2024 Ponpes Qudsiyyah Putri mengadakan orientasi dan rapat kerja pengurus ISQi di Villa MC Pro, Kajar, Dawe, Kudus. Dengan diadakannya kegiatan ini supaya semua pengurus ISQi yang sudah terlantik dapat menjalankan tugas-tugas secara efektif. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan bersama pengasuh ponpes qudsiyyah putri, fasilitator dan pengurus ISQi.

     Selain itu, semua pengurus mempersiapkan berbagai program kerja yang berhubungan dengan kepengurusan di organisasi ISQi. Semua pengurus juga diberi beberapa materi pembahasan tentang kepengurusan, materi yang dibahas ada 8, meliputi Analisa diri, membedah tema: “Menyiapkan kepengurusan yang berkarakter, nasionalisme tinggi, dan membangun jiwa kepemimpinan yang berakhlakul karimah”, penyamaan persepsi, tupoksi pengurus, system kerja ISQi, pedoman penyusunan program kerja, Teknik pembuatan proposal, etika pengurus, serta merumuskan visi dan misi periodik.

     Tema yang dibentuk kali ini dengan tujuan semua pengurus ISQi tahu bagaimana bentuk karakter dari seorang pengurus dan cara menerapkan jiwa kepemimpinan yang berakhlakul kariamah. Kita juga didampangi oleh kakak fasilitator (kak elisa, kak nila, dan kak adiba), serta narasumber yang mengisi materi (Noor khoiri, S.Ud., M. Khotibul umam, S.Pd.I., M. Isbah Kholili, M.Pd.).

     Kegiatan diakhiri dengan penutupan dilanjut dengan sesi foto bersama pengasuh dan fasilitator. Setelah itu pengurus ISQi melakukan ziarah ke Sunan Muria dengan tujuan mendapat barokah dari mbah sunan muria, kita berangkat menggunakan angkutan umum yang sudah disediakan, hingga perjalanan kembali ke pondok pada jam 17.00

Sabtu, 17 Agustus 2024

HUT RI- 79, Ponpes Qudsiyyah Putri Adakan Malam Tirakatan dan Pelantikan Pengurus ISQi serta Haul Syeh Yahya Arif Ke- 26

            

Kudus, Jum’at 16 Agustus 2024 pada malam harinya pondok pesantren Qudsiyyah Putri mengadakan malam tirakatan dan pelantikan pengurus Ikatan Santri Qudsiyyah Putri (ISQi) masa khidmat 2024-2025 serta haul Syeh Yahya Arif ke- 26, dalam rangka merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 79. Bertempat di lapangan dan musholla Qudsiyyah Putri.

 

Rangkaian acara yang terdapat dalam dalam acara tersebut yakni,dimulai dari pembacaan surotul fatihah yang dipimpin oleh MC, Shinta Mafaza Zahwa dan Nusaibah Aulia Zahra sebagai simbolis pembukaan acara. Acara kedua, pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh Dinar Azza Auliasyah. Selanjutnya pembacaan sholawat Asnawiyyah dan Qudsiyyah yang dipimpin oleh Ghania Alesya Zahra dan Zahwa Adib. Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin Khumaeroh Izzatin Nisa’. Acara kelima, adalah istghotsah dan tahlil yang dipimpin oleh Ustadz H. Asnawi Basyar S.Ag. Acara selanjutnya yakni pelantikan pengurus Ikatan Santri Qudsiyyah Putri (ISQi) masa khidmat 2024-2025, santri pengurus yag dilantik berjumlah 78 santri meliputi santri kelas 8,9,10, dan 11. Santri yang dilantik ini dipilih berdasarkan keputusan rapat tim formatur yang telas disepakati oleh ketua ISQi 2023-2024 dan ketua ISQi 2024-2025 yang disaksikan oleh Ustadz M.Isbah Kholili M.Pd selaku pengasuh pondok pesantren Qudsiyyah Putri dan Ustadzah Laifatul Ismah Pembina ISQi 2024-2025 saat serah terima jabatan pasca pelantikan pengurus Ikatan Satri Qudsiyyah Putri (ISQi) masa khidmat 2024-2025 setelah dibacakannya surat keputusan oleh Dwi Mahya Shofa Annasher. Selanjutnya adalah sambutan-sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh ketua pengurus ISQi terlantik yakni Silviyana Rohmatun Nikmah, samputan yang kedua disampaikan oleh pengasuh pondok pesantren Qudsiyyah Putri Ustadz M. Isbah Kholili M.Pd. Acara yang terakhir adalah penutup dan makan ingkung bersama.

 

Santri semangat 45 dalam merayakan peringatan hari kemerdekan Republik Indonesia, terlebih setelah mendengar informasi dari pengasuh pondok pesantren Qudsiyyah Putri “untuk memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia KBM besok pagi diliburkan sampai maghrib”. Semua santri bersorak gembira.

Sabtu, 10 Agustus 2024

PEMILIHAN KETUA ISQI MASA KHIDMAT 2024-2025

          


           Suatu agenda tahunan Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri utnuk memilih calon ketua ikatan santri qudsiyyah putri (ISQi). Acara ini berlangsung selama dua hari yakni, pada (8/8) 2024 dan (9/8) 2024 di halaman madrasah Qudsiyyah Putri. Diawali dengan kampanye keempat kandidat serta dilanjutkan debat calon ketua ISQi.

            Pada hari selanjutnya semua santri melakukan pencoblosan secara serempak di area halaman Qudsiyyah Putri. Dengan teknik pencoblosan : santri di panggil sesuai urutan kamar lalu ke panitia pemberi kartu suara dan menuju ke bilik suara. Santri memilih kandidat menggunakan alat yang tersedia dan mengembalikan kertas ke lipatan semula, dilanjutkan memasukkan kartu suara ke kotak  suara dan menempelkan jari kelingking ke bantalan stempel/ stamp pad sebagai bukti telah melakukan pencoblosan.

Setelah pencoblosan usai dilanjutkan penghitungan suara, dengan hasil suara terbanyak kurang lebih 830 suara yakni, SILVIYANA ROHMATUN NIKMAH sebagai ketua ISQi terpilih masa khidmat 2024-2025 TU/1446 -1447 H.

            Proses pencoblosan ini menerapkan sistem demokrasi  menganut tahapan pemilu di Indonesia. Kegiatan ini memberi kesempatan bagi para santri untuk belajar dan mempraktekkan bentuk partisipasi aktif dalam menentukan pemimpin, serta menjadi ajang bagi calon-calon pemimpin untuk menunjukkan skill kepemimpinan dan visi misi untuk kemajuan Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri.

Kamis, 08 Agustus 2024

Mengkritisi Gaya Kampanye dan Debat Calon Ketua ISQi

 




Pada Kamis siang, 3 Shafar 1446 H/8 Agustus 2024 TU, Ponpes Qudsiyyah Putri mengadakan kegiatan Kampanye dan Debat Kandidat Calon Ketua ISQi (Ikatan Santri Qudsiyyah Putri) yang berlokasi di lapangan Ponpes Qudsiyyah Putri. Acara dimulai pada pukul 14.00 s/d selesai, yang diikuti oleh seluruh santri Ponpes Qudsiyyah Putri.

         Kegiatan diawali dengan Kampanye oleh para kandidat calon Ketua ISQi beserta tim sukses yang turut meramaikan acara, dengan menampilkan yel - yel dari para kandidat. Acara dilanjutkan dengan debat yang dipimpin oleh 2 BK dari Ponpes Qudsiyyah Putri. Pimpinan debat membacakan tata tertib yang harus dilaksanakan oleh kandidat selama debat berlangsung. Para masing – masing kandidat mendapatkan dua pertanyaan acak dengan waktu menjawab masing – masing pertanyaan 3 menit.

         Kampanye dilakukan dengan mengiring para kandidat menuju lapangan Qudsiyyah Putri yang diikuti oleh tim sukses dengan membawa property yang sudah dibuat, seperti foto para kandidat, poster, serta tulisan yang berupa ajakan untuk memilih kandidat.

         Dengan berlangsungnya kegiatan ini, santri Ponpes Qudsiyyah Putri diharapkan dapat menentukan calon ketua ISQi yang akan mereka pilih pada acara pemilu yang akan diadakan selanjutnya.

Sabtu, 03 Agustus 2024

PEMIMPIN CERDAS BERINTEGRITAS


 


Kudus, 1-2 Agustus 2024 Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri mengadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan). LDK ini sendiri adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Kegiatan ini diikuti oleh 51 santri calon pengurus ISQi (Ikatan Santri Qudsiyyah Putri) yang terdiri dari kelas 8,9,10,11 dan didampingi oleh 10 pengurus ISQi kelas 11.

 

Acara tersebut diselenggarakan selama 2 hari 2 malam mulai dari tanggal 1-2 Agustus 2024, bertempat di BLKK PP Qudsiyyah Putri. Dalam waktu yang singkat tersebut telah tersampaikan beberapa materi yang dijadikan sebagai bekal para calon pengurus ISQi dalam menertibkan kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri, diantaranya: Ke-organisasian, Leadership, Ke-ISQi-an, Manajemen Organisasi, SPS (Scientific Problem Solving), dan Pedoman Penyusunan Progran Kerja.

 

Semua peserta LDK sangatlah berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, seperti halnya mereka sangatlah aktif merespon para fasilitator. Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk memberi bekal atau melatih jiwa kepemimpinan kepada para calon Pengurus ISQi yang nantinya akan menjadi pengurus. Dengan harapan setelah diadakannya kegiatan LDK ini, para calon pengurus ISQi muncul jiwa kepemimpinannya, lebih berani dan lebih bertanggung jawab.